HONDA MEGAPRO 2010


PT Astra Honda Motor tidak kuno lagi. Kalau dulu meluncurkan varian baru dengan mesin dan sasis lama, sekarang lebih radikal. Melaunching Honda New MegaPro yang mengalami perubahan total. Desain baru, mesin baru dan rangka baru. Serta fitur-fitur baru. Hidup baru!

Katanya New MegaPro mengusung desain bodi baru berkonsep street ighter yang berotot, padat (masive), aerodinamis dan modern. “Seperti tren desain motor sport dunia,” jelas Makoto Suzuki dari Honda R & D Asaka, Jepang.

Seperti desain lampu yang dilengkapi cowl, clear lens, multireflector dan visor yang menyatu. Juga pada panel meter mengkombinasikan sistem analog takometer dan digital spidometer yang dilengkapi jam.

Tangki bensin bergaya hi-mount tank yang bentuk garisnya menyatu dengan advance shroud. Yang seperti tren motor baru dunia. Pada tempat duduk atau desain belakang mengecil, sehingga motor seperti bulldog.

Di sektor dapur pacu, New MegaPro mengusung mesin XRP (X-Tra Responsive Performance Engine). Kapasitas 150 cc, 4-tak, SOHC, 5 percepatan.

Mesin baru ini menggunakan low friction part. Seperti piston enteng bergaris pada bodinya, sehingga rendah gesekan dan untuk menyimpan pelumas. Rocker arm model roller dan kruk as bearing yang dapat mengurangi gesekan, juga dapat membuat lebih efisien di pemakain bahan bakar.

Dilengkapi TPS (Throtle Position Sensor) dan CDi dengan 12 ignition mapping. “Map timing pengapian menyesuaikan dengan bukaan gas. Sehingga lebih bertenaga dan pastinya juga hemat bahan bakar,” jelas Agustinus Indraputra, General Manager Marketing Planing & Analysis Division, AHM.

Motor seharga Rp 19,9 juta (CW) dan Rp 18,3 (jari-jari) ini juga sudah dilengkapi CECS alias Crancase Emission Control System. Uap oli dimasukkan ke filter dan tersedot ke ruang bakar. Juga sudah ada SASS atau Secondary Air Suplay System, penyemprotan udara ke gas buang agar tidak pekat.

 

ADJUSTABLE MONOSHOCK

Honda New MegaPro ini seperti yang sudah lama digosipkan. Bahwa akan mengusung suspensi monosok benar adanya. Meski sebenarnya turunan dari India tapi hasilnya oke punya.

Mengapalikasi sistem adjustable monosock. Didukung dua pegas (atas dan bawah). Pegas bagian bawah dapat disetel keras atau lembutnya sesuai kemauan pemakai.

Keras lembutnya tinggal mengikuti beban yang diterima motor. Apalagi kelir per yang ditampilkan hitam dan merah jadi terlihat lebih sporty.

SPESIFIKASI TEKNIK

Tipe mesin : 4-tak OHC pendingin udara
Diamater x stroke : 57,3 x 57,8 mm
Kapasitas silinder: 149,2 cc
Rasio kompresi : 9,5 : 1
Power: 10,1 kw pada 8.500 rpm
Torsi: 12,8 Nm pada 6.500 rpm
Pola pengoperan gigi: 1-N-2-3-4-5
Starter: Pedal dan starter elektrik
Aki : Kering (MF) 12V-5 AH
Ban depan : 80/90-17 (CW Tubeleas)
Ban belakang : 100/80-17 (CW Tubeles)
P x L x T : 2.050 x 757 x 1.075 mm
Sumbu roda: 1.133 mm
Berat kosong: 134 kg & 136 kg (CW)
Rem: Cakram piston ganda (jari-jari), piston tunggal (CW)
Kapasitas tangki : 12 liter
Kapasitas oli: 1 liter (penggantian)

Posted on 12 Oktober 2010, in HOME, HONDA, PROFIL MOTOR. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: