Suzuki Hayate 125


Suzuki Hayate 125 jadi pengganti Suzuki Skywave 125, secara platform mesin dan sasis memang sama. Tapi tak banyak yang tahun kalau sebenarnya ada beberapa penyempurnaan pada fitur dan mesin Hayate 125.

Kalau perbedaan bodi, tinggal lihat saja langsung. Desain baru Hayate 125 benar-benar berbeda bila dibandingkan dengan Skywave. Tapi ternyata, Hayate punya penambahan fitur safety baru.

Yang pertama adalah head lamp tanpa saklar on-off. Suzuki menyebutnya Automatic Headlamp On (AHO). Lampu depan akan langsung menyala ketika mesin dihidupkan. Sesuai UU Lalu Lintas no 22 tahun 2009, pengendara sepeda motor harus menyalakan lampu pada siang dan malam hari.

Fitur berikutnya adalah standar samping yang terhubung dengan sistem pengapian. Mesin Hayate 125 tidak dapat hidupkan kalau standar sampingnya belum dilipat. Yah, mirip fitur safety pada skubek Honda.

Lalu soal mesin ada beberapa penyempurnaan, khususnya di seputaran perangkat continuously variable transmission (CVT). “Ada beberap yang baru,” buka Hariadi, Service & Outboard Assistant 2W, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

“Yang pertama ada pada desain koplingnya yang sedikit lebih panjang,” jelasnya. Permukaan kopling yang lebih panjang tentunya akan menjaga transfer tenaga dari gejala selip.

Lalu yang kedua ada penambahan lubang pembuangan air dan kotoran pada cover CVT. “Desain barunya juga bisa membantu pendinginan CVT,” ungkap Hariadi saat ditemui di sela launching Suzuki Hayate 125 kemarin siang (31/3).

Yang terakhir adalah perubahan desain pendinginan mesin. Awalnya airscoop ada di atas mesin, sekarang dipindah ke samping kanan. Bisa dilihat dari adanya selang tambahan di samping sokbraker belakang sebelah kanan.

Tentunya pemindahan posisi ini punya beberapa alasan “Kalau di atas mesin pasti akan lebih panas, dengan desain yang baru ini diharapkan udara yang masuk ke dalam CVT lebih dingin. Sehingga pendinginannya lebih optimal,” ungkapnya.

“Yang kedua, dengan desain ini kotoran yang mungkin terbawa masuk juga bisa lebih kecil,” yakinnya. Hemm.. Enggak sekedar ganti baju dan nama kan?

Posted on 1 April 2011, in HOME, PROFIL MOTOR, SUZUKI. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: