Aprilia Tuono V4 R


MILAN (DP) — Produsen sepeda motor Italia, Aprila, resmi melepas model superbike terbaru Tuono V4 R dan V4 R APRC. Aprila percaya kedua model 1000cc tersebut akan menjadi superbike terbaik di era milenium baru.

Dalam siaran berita yang dikirim ke Dapurpacu.com, dikatakan Tuono V4 R sangat cocok untuk biker hardcore yang memimpikan kebuasan. Model ini juga digadang sebagai kendaraan balap yang serasi untuk teman ke kafe.

Tuono V4 R merupakan superbike hasil pengembangan konsep Tuono 1000 R pada tahun 2002. Motor ini diklaim menerapkan teknologi di luar kebiasaan. Penggunaan sistem elektronik canggih serta mesin V4 65° performa tinggi dianggap sebagai hal baru dalam sepeda motor.

Seperti keaslian Tuono, new V4 R masih mengandalkan lampu depan triple fixed yang diimbuhi fairing. Hanya saja rangka yang diusung kini menyamai model yang dipakai untuk memenangkan dua kali WSBK. Karena itu, bobot yang dihaslikan lebih ringan 10 kg dari model sebelumnya.

New V4 R juga menghasilkan tenaga maksimum 42 hp lebih besar atau mencapai 167,3 hp, sehingga lebih responsif. Performa ini dapat terwujud lantaran V4 R mengkonfigurasi ulang mesin milik RSV4.

Senyawa lain yang diberikan RSV4 untuk V4 R adalah sistem exhaust baru dengan katup bypass yang lebih ringan 2 kg, serta teknologi Ride by Wire generasi terbaru.

V4 R bahkan dipromosi telah memperpendek rasio gear tiga gigi pertama ketika torsi menyabet 111,5 Nm pada putaran mesin 9.500rpm. Pendeknya, new V4 R kini memiliki tenaga terbaik pada putaran mesin bawah dan tengah. [dp/GRG]

Aprilia 65° V4 engine specifications

Engine capacity 999.6 cc
Architecture 65° V4
Power 167.3 hp/11,500 rpm
Torque 111.5 Nm/9,500 rpm
Rev limiter 12,300 rpm in all gears
Crankcase monobloc with integrated crankcase liners
Timing system 4 valves per cylinder operated directly by a camshaft driven by a mixed chain/gear system (lateral timing chain and central gear train)
Fuel system electronic injection with a single injector per cylinder and integrated independent Ride by Wire system for each bank. Three maps selectable from the handlebar (Track, Sport and Road)
Compression ratio 13:01
Gearbox 6-speed direct-control cassette type gearbox
Clutch Multiplate wet clutch with mechanical slipper system
Electronic management Magneti Marelli control unit managing ignition, injection and Ride by Wire system

Posted on 16 April 2011, in HOME, PROFIL MOTOR. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: